INFO PPDB

Klik untuk info Detail PPDB SMK Negeri 1 Glagah.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Mikrotik Academy

MikroTik Academy sebuah program yang disiapkan untuk jalur pendidikan, yaitu Politeknik/ universitas/ sekolah kejuruan dan sejenisnya untuk mepelajari MikroTik.

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

 

KETARUNAAN ALA TARUNA-TARUNI SMKN 1 GLAGAH

 

Posted by: GEDEON INO SETIAWAN, S.Pi

 

 

Negara Indonesia memerlukan sumberdaya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan disegala sektor. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di era sekarang ini ini, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, karakter dari masing-masing individupun turut mengalami pergeseran. Karakter dan kepribadian ini cenderung mengalami mengalami pergeseran ke arah negatif. Oleh karena itu dunia pendidikan diharapkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi perkembangan karakter, sehingga anggota masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis dan demokratis dengan tetap memperhatikan sendi-sendi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan norma-norma sosial di masyarakat yang telah menjadi kesepakatan bersama dan menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Pendidikan Karakter dan Kebangsaan adalah sistem pendidikan di beberapa Perguruan tinggi, SMA, dan SMK. Pendidikan Karakter dan Kebangsaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip semi militer yang bertujuan untuk Membentuk Karakter peserta didik dan menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Tentu saja prinsip militer yang diterapkan bukanlah militer murni melainkan dengan adanya Latihan Dasar Karakter dan Kebangsaan

Membangun karakter, merupakan proses yang berlangsung seumur hidup. Anak-anak, akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter jika ia tumbuh pada lingkungan yang berkarakter pula. Dengan begitu, kondisi awal setiap anak yang dilahirkan suci bisa berkembang optimal. Oleh karenanya ada tiga pihak yang mempunyai peran penting yaitu, keluarga, sekolah, dan komunitas atau lingkungan.

Dalam hal ini, Sekolah Menengah Kejuruan  Negeri  1 Glagah demikian sekolah ini disebut, sekolah yang terletak di salah satu kabupaten di ujung timur pulau jawa. Merupakan sekolah yang memiliki 2 model cara mendidik dan mendisiplinkan peserta didiknya. Yaitu salah satunya dengan model ketarunaan  bagi peserta didik yang ada di jurusan kemaritiman. Mengingat  dunia kerja dan dunia industri yang nantinya akan dihadapi oleh peserta didik di jurusan tersebut.  Model pendidikan karakter  yang mengadopsi semi militer ini diterapkan sejak jurusan kemaritiman ini berdiri, sekitar tahun 1999.  Ketarunaan memang salah satu pendidikan karakter yang banyak di sukai dan juga terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi calon-calon peserta didik yang akan mendaftar di jurusan kemaritiman tersebut.

Pendidikan karakter yang biasa disebut dengan ketarunaan ini melatih siswa untuk setia dan menjunjung tinggi korp dan almamaternya. Diawali dengan adanya Pelatihan Dasar Disiplin Korp bagi calon taruna dan taruni di SMKN 1 Glagah ini, calon taruna dan taruni dilatih terlebih dahulu oleh kakak kelasnya atau biasa disebut senior. Sebelum mereka mendapatkan latihan langsung dari personel TNI Angkatan Laut yang melatih calon taruna dan taruni. Sekolah dalam hal ini bekerja sama dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut  (LANAL) Banyuwangi , untuk menjadi pelatih bagi peserta didik di jurusan kemaritiman ini. Latihan Dasar dan Disiplin Korp yang diberikan oleh anggota TNI Angkatan laut ini bukanlah pelatihan militer penuh, tetapi militer yang disesuaikan dengan peruntukannya bagi peserta didik yang masih dalam tahap belajar untuk memiliki karakter dan kepribadian yang disiplin, jujur, santun dan memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa. Pelaksanaan kegiatan yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 6 hari ini. Calon taruna dan taruni menjalani  masa karantina di sekolah tanpa diperbolehkan dijenguk maupun dihubungi oleh orang tuanya.

 

 

Pada kegiatan Latihan Dasar Disiplin Korp ini calon taruna dan taruni SMKN 1 Glagah ini menjalani masa pelatihan didampingi oleh pembina dari guru-guru jurusan kemaritiman dan di latih oleh pelatih-pelatih dari TNI AL. Dalam kegiatan ini calon taruna taruni mendapatkan materi pelatihan antara lain baris berbaris, materi pengetahuan seputar cara bertahan hidup di laut, tata upacara militer, kedisplinan , kerjasama dan yang paling menantang adalah kegiatan lintas medan/ long march dengan tujuan untuk mendapatkan wings atau brivet taruna SMKN 1 Glagah jurusan kemaritiman. Selanjutnya diakhir kegiatan Latihan dasar Disiplin Korp ,calon taruna dan taruni ini akan dilantik menjadi taruna dan taruni yang dihadiri oleh orang tua atau wali murid, yang mana acara ini sering menjadi acara yang mengharukan dimana muncul rasa kebanggaan dari wali murid melihat putra-putrinya berseragam semi militer dan bisa bersikap layaknya anggota TNI.

Dan untuk kedepannya taruna-taruni ini akan dibimbing oleh senior-seniornya dari Batalyon dan Polisi taruna SMKN 1 Glagah untuk menjalani kegiatan ketarunaan disekolah sehari-hari. Dalam pelaksanaannya apabila ada pelanggaran kedisiplinan  akan diberikan tindakan atau hukuman, namun tidak lepas dari pengawasan guru pembina batalyon dan guru-guru yang lain. Hasil dari kegiatan ini sangat baik dan untuk mempertahankan hasilnya, sekolah bekerja sama dengan TNI AL untuk menugaskan salah satu anggotanya untuk menjadi pelatih yang bertugas di sekolah untuk mendampingi taruna dan taruni melaksanakan kegiatan ketarunaan sehari-hari.

 

Sebagai salah satu usaha untuk pengembangan karakter peserta didik, program pendidikan Karakter dan Kebangsaan melalui ketarunaan ini sudah selayaknya diikuti oleh sekolah yang lain. Selama kegiatan, siswa dilatih bagaimana cara untuk disiplin, percaya diri, jujur, religius dan lain sebagainya sehingga diharapkan setelah selesai kegiatan ketarunaan ini siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.