INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

Banyuwangi, 3 Februari 2018 –

Pembangunan yang berkelanjutan telah menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama masyarakat dunia untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan dan kehancuran akibat pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Dalam upaya mempercepat pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup khususnya jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, maka pada tanggal 21 Februari 2006 telah dicanangkan PROGRAM ADIWIYATA, dengan tujuan mendorong dan membentuk sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

Atas latar belakang di atas maka SMKN 1 Glagah sebagai sekolah pendamping mendapat surat dari Dinas Lingkungan Hidup yang menyatakan surat keputusan bahwa daftar keputusan tentang sekolah binaan dan sekolah adiwiyata kabupaten tahun 2017.

 

Selama dua hari, tim pendampingan sekolah adiwiyata DLH sibuk melakukan visitasi ke sepuluh sekolah menuju sekolah adiwiyata kabupaten. Mereka bergerak sejak jumat (2/2) sampai sabtu (3/2). Yang didatangi antara lain, 10 sekolah dari tingkat SMP dan SMK :

SMKN 1 Wongsorejo, SMK Sritanjung Banyuwangi, SMK PGRI 1 Banyuwangi, SMP Negeri 1 Banyuwangi, SMP Negeri 3 Banyuwangi, SMP Negeri 1 Wongsorejo, SMP Negeri 5 Banyuwangi, SMP Negeri 1 Kalipuro, SMP Negeri 2 Kalipuro, dan SMP Negeri 2 Kabat.

Selanjutnya tetap melakukan pembinaan dan komunikasi dengan sekolah sekolah binaan hingga pelaksanaan penilaian.

“Visitasi ini untuk mensukseskan penilaian adiwiyata mandiri, kami juga membuat tim adiwiyata sekolah yang bertugas menyiapkan SMKN 1 GLAGAH menjadi sekolah adiwiyata mandiri dan untuk melakukan pembinaan dan pendampingan ke 10 sekolah di Kabupaten Banyuwangi.” Ungkap Bapak Bambang Sulistyo, S.Pi guru SMKN 1 Glagah.

Sebagaimana diketahui, sekolah adiwiyata merupakan suatu usaha dari sekolah, dari pemerintah, dari semuanya. Yang bertujuan menciptakan situasi sekolah yang berbasis pada lingkungan.  Yaitu lingkungan yang ramah pada kehidupan sehat yang menyehatkan.

Adiwiyata berasal dari kata adi dan wiyata yang berati adi itu besar/agung dan wiyata itu kawasan yang berati menciptakan kawasan sekolah yang besar yang ramah lingkungan, sehingga penuh dengan udara – udara sehat (oksigen).

“Alhamdulillah... SMKN 1 Glagah sngat masuk untuk menjadi sekolah adiwiyata. Pertama merintis dari Sekolah Adiwiyata Tingkat Kab. Banyuwangi, kemudian  meningkat sukses ke Dinas Provinsi, selanjutnya sukses meraih Adiwiyata Tingkat Nasional. In Shaa Allah... tahun ini atau tahun depan siap-siap untuk meraih Adiwiyata Mandiri. Yaitu dengan kemampuan warga sekolah kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Peran guru pada umumnya dan khususnya saya yaitu sebagai anggota tim adiwiyata, yang berusaha mengajak diri sendiri, semua guru, semua siswa berperan aktif dengan ikhlas, dengan sadar, dengan kemampuan sendiri, pikiran, hati, dan perasaannya menciptakan lingkungan sekolah rindang, nyaman, penuh dengan tanaman-tanaman sehingga nyaman, sehat, ndak perlu ada ac, ndak perlu ada kipas angin, cukup udara alami dari luar masuk ke rung-ruang kelas. Harapan kami yang terbesar yaitu melibatkan semua komponen sekolah sesuai dengan fungsi masing – masing, siswa perjurusan masing – masing, maupun bagi guru sesuai mata pelajaran masing-masing, sehingga guru ngajar harus menyampaikan materi tentang hidup syukur – syukur di sampaikan lewat agama, kemudian teori ikhlas, prakteknya di luar kelas, jadi anak – anak hendaknya di ajak ke luar kelas untuk mensyukuri nikmat Allah swt. Dengan negara yang subur dan makmur, lingkungan yang nyaman, dengan bersyukur negara kita akan semakin sejahtera, lingkungan yang sehat dan menyehatkan.” Ujar Bapak Drs. Suhariyanto Guru PKN, pengelola SMKN 1 Glagah.

 

Dalam rangka kegiatan sekolah adiwiyata tersebut, Dinas Lingkungan Hidup bersama – sama Tim Pembina melakukan kegiatan pembinaan Sekolah Adiwiyata dengan tujuan agar sekolah – sekolah yang mengikuti sekolah adiwiyata dapat mempersiapkan bahan – bahan serta hal yang diperlukan dalam persiapan penilaian sekolah adiwiyata serta untuk mengetahui kekurangan – kekurangan sehingga dapat dilakukan perbaikan selanjutnya.

 Manfaat dari kegiatan pendampingan ini adalah baik SMKN 1 Glagah maupun sekolah binaan terus belajar bagaimana menyiapkan dokumen sekolah dalam hal kegiatan penilaian oleh tim penilai Kabupaten Banyuwangi.

SEMEGAH berkontribusi memberikan semacam workshop bagi tim yang akan melakukan pendampingan ke sekolah–sekolah binaan. Jadi, mereka diberikan materi dan gambaran bagaimana penyiapan karena selain penyiapan fisik dan kegiatan calon sekolah adiwiyata kabupaten juga harus menyiapkan dokumennya. Untuk kegiatan pendampingan caranya tim adiwiyata SMKN 1 Glagah datang ke sekolah – sekolah mereka melakukan silaturrahim, sosialisasi, dan pendampingan mengenai fasilitas sarana dan prasarana kegiatan maupun dokumen yang harus diisi.

Yang jelas Adiwiyata adalah semangat bagaimana menciptakan sekolah untuk menjaga agar menjadi sekolah yang baik, sehat dan sekolah yang bersih. Jadi, adiwiyata tidak hanya di kegiatan saja tapi kedepannya roh dari adiwiyata, roh dari semangat menjaga lingkungan juga tetap ada di warga sekolah.

 

“Adi artinya baik, Wiyata artinya tempat. Jadi, Adiwiyata itu tempat yang baik dari sisi apa saja termasuk kalau di sekolah kita upayakan untuk menjadi sekolah yang baik untuk belajar, bekerja yang arahnya dari sisi lingkungan. Adiwiyata itu dilaksanakan oleh semua warga sekolah yang intinya menata sekolah menjadi baik dan khususnya kepedulian perubahan perilaku dari semua warga sekolah untuk peduli pada lingkungannya.” Tutup Bapak Sudai selaku Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Glagah.

 

 

Terimakasih untuk kerja keras dan usahanya dalam menciptakan bumi yang nyaman dan sejuk...