INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

Senin, 10 September 2018

OSIS SMKN 1 Glagah bekerjasama dengan Mahasiswa Fisika Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar (UNM), mengadakan olimpiade fisika. Dengan mengangkat tema “Wujudkan Fisikawan Muda yang Berjiwa Inovatif, Kompetitif, dan Prestatif Guna Terciptanya Generasi Emas Bangsa” ini, dilaksanakan di Laboratorium IPA SMKN 1 Glagah, Sabtu (25/8). Kerjasama ini dalam bentuk penempatan ruangan, kebersihan ruangan sampai jadi pengawas.

Ide kegiatan ini berawal ketika mas Arum mengupload event karya tulis ilmiah di Universitas Tagulakoh. Dari situ, pak Bambang sebagai Wakasek Humas menawarkan sebuah kegiatan yang diharapkan bisa bermanfaat dan berkesan untuk siswa SMKN 1 Glagah. Event karya tulis ilmiah yang diadakan di Universitas Tagulakoh, Kendari menerapkan sistem online. KTI bersistem FGD (Forum Go Discusion) medianya pake skype, kalau lulus bisa wawancara dan 3 karya terbaik diundang untuk presentasi. Biaya pembinaannya bisa lebih dari 5 juta.

Kegiatan ini di hadiri sebanyak 34 orang dari 17 kelas. Selain itu, olimpiade ini hanya diperuntukkan bagi siswa kelas X SMK karena dalam kurikulum-13, pelajaran fisika di SMK hanya berada di kelas X. Hal ini diungkapkan Koordinator PPL Nasional Banyuwangi, Al Arum Adi Saputra.

Andi Muhammad Iqbal mengatakan, kerjasama dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dalam meningkatkan potensi fisika anak-anak SMKN 1 Glagah. “Kami saling membantu, apalagi bulan Oktober nanti akan ada Galaksi Terbesar (Gebyar Lomba dan Kreasi Fisika) juga yang dilaksanakan skala nasional,” katanya.

Untuk olimpiade kali ini, mengambil 2 bab besaran dan satuan, juga kinematika gerak. Peraturan olimpiade bersistem minus yaitu jawab satu dapat nilai +4, jawab salah -1, dan tidak jawab 0. Untuk penetapan juaranya kita akumulasikan setiap kelas ada 2 peserta dari hasil akumulasi terbanyak dari setiap kelas. Sudah ada nama – nama juaranya, yaitu  Piagam penghargaan diberikan kepada :

1.      Rendra Hadi Wira Kusuma sebagai Juara 1 Olimpiade Fisika.

2.      Mutia Budi Utami sebagai Juara 1 Olimpiade Fisika.

3.      Muhammad Abdul Rozak sebagai Juara 2 Olimpiade Fisika.

4.      Rizqi Arditya Ramadhan sebagai Juara 2 Olimpiade Fisika.

5.      Deni Saputra sebagai Juara 3 Olimpiade Fisika.

6.      Alfiansyah A.P sebagai Juara 3 Olimpiade Fisika.

 

SELAMAT KEPADA PARA JUARA, SEMOGA SUKSES DAN BERKAH ILMUNYA YAAAA ^^

Senin, 10 September 2018

 

“Dari pengalaman mengadakan olimpiade di SMKN 1 Glagah, menurut saya untuk taraf peserta didik SMK sudah lumayan karena ada beberapa peserta didik yang mampu menjawab soal fisika. Harapannya untuk peserta didik SMKN 1 Glagah adalah peserta didik SMK BISA, ketika ada event olimpiade, silahkan berpartisipasi untuk menambah pengalaman dan bahan pelajaran ke selanjutnya. Tidak ada yang tidak mungkin ketika kita mau.” Ujar Al Arum.

Kegiatan ini bisa lanjut ketika ada guru yang bisa membimbing peserta didik yang berpotensi untuk mewakili sekolah mengikuti olimpiade fisika tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Ada 1 atau 4 orang yang bisa dibimbing secara khusus supaya bisa mengharumkan nama SMKN 1 GLAGAH. Dari segi prestasi, SMKN 1 Glagah tidak ditanya lagi, namun bisa ditambah track and recordnya (daftar) prestasinya dalam bidang lain. Bukan hanya dalam bidang olah raga atau jurusan SMK, tapi juga dalam bidang yang seharusnya keluar zona nyaman SMK. “Di Kurikulum-13, pelajaran Fisika di SMK hanya berada di kelas X, sehingga waktu belajar fisika hanya 1 tahun. Jika bisa mengikuti olimpiade itu maka akan terasa WOW bangettt....” tambah Al Arum.

 

“Alhamdulillaaah, yang juara ada 3 kelas, semuanya itu kebetulan ada pengajaran dari kami. Menurut teman – teman, peserta didik ini lebih aktif dan bisa dibuktikan dengan cara menjawab soal. Saran saya, anak – anak ini diberi fasilitas, bisa dari segi pembimbing, bantuan belajar supaya bakatnya bisa dikembangkan untuk bisa mengharumkan nama sekolah. Bakat – bakat yang natural ini apabila digali lebih dalam bisa membuahkan hasil diluar pemikiran kita. Melebihi yang bisa kita bayangkan.”

 

Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar mengadakan olimpiade fisika tiap tahunnya. Pesertanya regional se-Sulawesi Selatan. Tidak ada juara umum yang menetap, karena bersaing. Kegiatan ini bernama Galaksi “Gebyar Lomba dan Kreasi Fisika” yang biasa diadakan setiap tanggal 10 Oktober.

Dalam Galaksi bukan hanya kegiatan fisika, ada proyek sains, akustik, olimpiade fisika, cerdas cermat. Apabila SMKN 1 Glagah bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini, bisa masuk dalam proyek sains. Kegiatan Proyek sains bisa dalam bentuk kegunaan proyek dan penilaian presentasi. Cerdas cermat ada dua sisi : babak penyisihan dipilih 3 tim terbaik, menjawab soal, yang paling tinggi poinnya bisa masuk 3 besar. Pameran sains bisa dikatakan membuat alat-alat sains (karya) untuk dipamerkan, dan bisa dijual kembali.

Tahun ini mengadakan Galaksi terbesar karena 3 angkatan SD, SMP, SMA disebut sebagai Mega Galaksi.  

 

Yuuuk... ke MAKASSAR \(^o^)/  \(^o^)/  \(^o^)/