INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

 

Banyuwangi, 29 Agustus 2017 –Generasi Berencana (GenRe) sebutan bagi generasi yang bisa merencanakan masa depan, mendapatkan pekerjaan yang kompetitif serta mampu merencanakan kapan nikah dan jumlah anak. Demikian dikatakan Ir. Lukman Al Hakim, M.Si dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB saat membuka Penyuluhan Penanggulangan Narkoba dan PMS Termasuk HIV/AIDS di Sekolah bagi 63 peserta didik di SMKN 1 Glagah, sabtu (29/8).

 

 Berdasarkan data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banyuwangi per Juli 2017 tercatat 1681WargaKabBwidengan HIV;Prevalensi HIV: 1,01 per 1000 Penduduk;0,10% Kasus HIV per  1.610.909 Penduduk, Status Epidemi HIV: Konsentrate.Penularan virus HIV/AIDS umumnya disebabkan Seksual (78%), Lain-lain (14%), Darah (7%), Ibu ke Anak (ASI) (1%). Demikian dikatakan Waluyo, SKP, MM dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA).

 

“Penyuluhan ini sangat penting dan darurat karena masih banyaknya perkawinan di usia anak. Untuk itu perlu meningkatkan pemahaman, pengetahuan, keterampilan serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang” ujar Ir. Lukman Al Hakim, M.Si.

 

 Demikian juga dikatakan Dr. Yuwono dari Dinas Kesehatan Banyuwangi bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menyiapkan generasi emas 2045, yaitu Generasi yang memiliki keseimbangan antara kemampuan akademik,ketrampilan dan karakter. Kondisi ini akan tercapai apabila berhasil melalui lima fase transisi kehidupan yaitu sekolah setinggi-tingginya,pekerjaan kompetitif, menikah terencana, aktif dalam kehidupan bermasyarakat,pola hidup sehari-hari. Metode penyuluhan dalam bentuk ceramah dengan bantuan media audio visual  dan diskusi serta  tanya jawab.

 

Untuk itu, lanjut Lukman kepada seluruh peserta penyuluh agar menyimak dengan seksama penyajian materi yang diberikan pemateri untuk diterapkan dalam kehidupan remaja dan keluarga.

 

Ada 4 pilar pendewasaan usia perkawinan,

1.      Pendewasaan remaja

2.      Bagaimana menjadi remaja yang baik

3.      Kelahiran dan jumlah anak

4.      Ekonomi keluarga

Ada 3 permasalahan yang patut dihindari :

1.      Hindari seks bebas

2.      Hindari HIV termasuk NAPZA

3.      Hindari pernikahan dini

Yel-yel Genre :

Salam GenRe... Salam

Remaja GenRe... Sehat, Cerdas, Ceria

GenRe Indonesia... Saatnya yang muda yang berencana

Setelah kegiatan ini selesai dibentuklah sebuah organisasi yang bernama PIKRR (Pusat Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja). Organisasi ini berfungsi untuk memberikan informasi PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja), Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), Pelayanan Konseling dan Rujukan PKBR.

Adapun struktur kepengurusan angkatan 1, antara lain :

Ketua :

Dimas Bagus

Wakil ketua :

Moh. Abit Suhariyono

 

Sekretaris 1 : Prameswari Wahyu

Sekretaris 2 :

Indah Tri

 

Bendahara 1 :

Rully (X TiTL 2)

 

Bendahara 2 :

Resti (XI TPHP)

 

Koord. Seksi acara/kegiatan :

Maula Hakim (XI TKPI 2)

 

Koord. Seksi perlengkapan :

Bagus Aris (X TKJ 1)

 

Koord. Seksi Humas :

Agan (XI NKPI 1)

 

Koord. Seksi dekorasi dan dokumentasi :

Juan (X KBB)

 

Koord. Seksi konsumsi :

Abdul Rahman Wahid (X OI 1)

 

 

 

SELAMAT!!! J