INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

 

Bisnis adalah suatu aktifitas baik dilakukan perseorangan atau kelompok ( biasanya kelompok) untuk mencapai sebuah tujuan tertentu (profit = uang ) jadi dapat dikatakan bisnis adalah kegiatan untuk mendapatkan penghasilan.

Sebagai lembaga pemerintah yang concern terhadap pendidikan Indonesia terutama dalam rangka Penguatan Pendidikan Berkarakter melalui pembinaan kewirausahaan, Direktorat Pembinaan SMK – Subdit Peserta Didik menggelar kegiatan Entrepreneur BootCamp 2017 Gelombang II di Bandung untuk siswa-siswi SMK terpilih dari seluruh Indonesia.

Peserta tersebut berasal dari siswa SMK yang mendapatkan program pendampingan revitalisasi. Kegiatan yang bertema “Entrepreneur Cerdas Berkarakter” ini digelar selama empat hari, yaitu mulai dari 13 – 16 Desember 2017 di Hotel Elcavano Bandung, yang menghadirkan narasumber dan praktisi. Di mana Maxima berperan penuh sebagai fasilitator dalam acara ini, dengan Mas Noris Rahmatullah sebagai Koordinator Kegiatan.

Pemateri yang hadir di antaranya, Erbe Santanu (Founder Kata Hati Institute) yang membawakan materi tentang Kata Hati, kemudian Ibrahim Imadudin Islam (CEO Mavens Studio) yang menyampaikan tentang Creative Marketing, Cahyo Nugroho (Ketua Umum KAPPIN) menyampaikan materi tentang Bagaimana Membangun Industri Pertanian Menuju Kedaulatan Pangan, Muhammad Maula Nuruddin Alhaq (CMO Afrakids) yang membawakan materi tentang Tahapan Membuat Model Usaha (Lean Kanvas), Kunjungan Pebisnis Lokal : Rumah Tahu Susu dan Kunjungan Pebisnis Lokal : Rumah Bunga Rizal. Disertai dengan literasi kewirausahaan.

 

Entrepreneur BootCamp 2017 ini bertujuan untuk memotivasi para pelajar SMK khususnya dibidang kemaritiman dan pertanian untuk memanfaatkan hasil tersebut sebagai bisnis untuk berwirausaha. Kemudian, diharapkan dapat memberikan wawasan, keterampilan, dan pendampingan dalam membangun usaha serta literasi kewirausahaan. Selain itu, dapat memperkuat motivasi sehingga menghasilkan entrepreneur muda yang berkarakter.

Faid Taufiqurrohman dari kelas XI Tphp bercerita bahwa sebelum berangkat ke Bandung, mereka disuruh membawa buku cerita, untuk lebih mengenal literasi. Juga bisa saling mengenal dari berbagai perwakilan sekolah yang ditunjuk dan banyak mengenal bahasa dari berbagai provinsi.

 

Adinda Nia Lailatul Nurjanah dari kelas XI Tphp banyak sekali pengalaman yang didapat disana misalnya pada pagi hari semua peserta disuruh membaca buku yang mereka bawa atau disebut dengan literasi. Adinda mengaku sangat senang bisa berbaur dengan anggota lain sambil bercanda-canda dan disana diberi tantangan mencari perusahaan.

Paq Rina Amalia dari kelas XI Tphp sangat kaget dan tidak menyangka kalau mereka akan berkelompok dengan siswa lain yang tidak mereka kenal. Sehingga dari kegiatan tersebut bisa berusaha saling mengenal anggota kelompoknya masing-masing dengan menggunakan bahasa yang berbeda dan terkesan lucu.

 

Ada berbagai lomba salah satunya dari perwakilan berbagai perwakilan dibagi beberapa kelompok untuk menunjukan proposal bisnis. dan menjadi penyaji terbaik dari kelompok Faid Taufiqurrohman (SMKN 1 Glagah).

Pembimbing dari SMKN 1 GLAGAH yaitu Ibu Dyah Yuliana, S.Pi “kami  sangat senang dan bangga menjadi pembimbing. Selain menjadi pembimbing, beliau juga dapat berkenalan dari para pembimbing dari berbagai daerah. Selain untuk mewakili sekolah para pelajar SMK dapat juga melakukan refresing melakukan perjalanan. Dari kegiatan ini banyak kegiatan positif yang dipelajari untuk menjadi pengalaman berbisnis. Berbinis bukan hanya dilakukan oleh kalangan orang dewasa tapi juga dapat dilakukan oleh kalangan pelajar dan usia produktif.”

 

Dan masa muda itu bukanlah masalah umur. Tapi masa muda bagaimana menyikapi tentang masa depan. Dalam berbisnis, sikap sopan santun dan rasa hormat terhadap seluruh umat manusia, terlebih dahulu mengedepankan orang lain (mengetahui permintaan pasar), dan menjadi orang yang dapat menyesuaikan diri (sesuai situasi dan kondisi).

Terima kasih kepada Ibu Diyah Yuliana dan perwakilan dari ketiga pelajar dari SMKN 1 GLAGAH. Semoga ilmunya bisa menjadi berkah dan bermanfaat. Amin.

 

Reporter = Refa Mariska, Dewi AT

Penulis = Nike Amalia, Wardah