INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

Pengaplikasian penerapan kegiatan Teaching Factory (TEFA) di SMK Negeri 1 Glagah merupakan produk dari salah satu program Direktorat Pembinaan SMK dalam rangka mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. Kegiatan TEFA merupakan modifikasi dan pengembangan dari unit produksi dan jasa yang disekolah, yaitu penerapan model industri mitra di unit produksi dan jasa yang telah ada di SMK.
Agar lebih memperkuat hubungan dan kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, maka SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi saat in sedang menjalankan model pembelajaran TEFA. Beberapa jurusan yang sudah melaksanakan adalah Teknik Pengelasan, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Adapun produk TEFA yang sudah dilakukan oleh Team TEFA SMKN 1 Glagah adalah pembuatan BAGASKARA yang bekerjasama dengan CV. Sinar Agro Solusi (CV. SAS) Banyuwangi.


Perusahaan ini bergerak di bidang industri pertanian yang menjalankan kemitraan yang melibatkan para petani di Kabupaten Banyuwangi, salah satunya teridentifikasi permasalahan yang dihadapi petani yaitu kebutuhan pengairan untuk tanaman kedelai dimusim kemarau. Ketersediaan air irigasi cukup penting dan akan berpengaruh besar dalam biaya produksi. Air irigasi yang kurang meyebabkan petani harus menyediakan air pengairan dari sumber lain dengan menggunakan irigasi berbahan bakar solar. Saat musim kemarau, pemompaan air irigasi membutuhkan waktu yang lama untuk mencukupinya kebutuhan tanaman agar dapat berproduksi dengan baik sehingga diperlukan upaya alternatif untuk mengurangi beban biaya produksi.
Berangkat dari permasalahan petani inilah, Team TEFA SMKN 1 Glagah mengembangkan sarana dan prasarana bidang pertanian ramah lingkungan serta sesuai dengan kearifan lokal, terciptalah BAGASKARA. Alat ini merupakan generasi kedua dari Team TEFA SMKN 1 Glagah, dengan generasi pertama bernama SIRO TANGAR (Sistem Irigasi Rumah Hijau Otomatis Tenaga Matahari), perangkat ramah lingkungan untuk pengendali irigasi (penyiraman tanaman) di Rumah Hijau yang bekerja secara otomatis dengan memanfaatkan Tenaga Matahari.


BAGASKARA hadir dengan konstruksi dan fungsi yang lebih besar, selain itu bapak ibu guru dan siswa bebrapa jurusan lain juga terlibat mendukung dalam produk ini, misalnya jurusan Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan (KGSP) dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Secara umum fungsi dari produk ini hampir sama dengan generasi pertamanya, yang menggunakan panel surya untuk menyerap tenaga panas matahari untuk selanjutnya dapat menggerakkan pompa untuk menaikkan air dari sumber atau sumur tempat air berada. Jadi sudah tidak diperlukan lagi sistem irigasi yang berbahan bakar solar. Beberapa kelompok tani sudah mulai tertarik dengan sistem ini, walaupun modal awal untuk membeli alat ini cukup mahal, akan tetapi mereka percaya dan yakin kedepannya biaya produksi akan lebih murah, juga beralasan ikut mendukung pemanfaatan teknologi ramah lingkungan.

 

Bambang Sulistyo, S.Pi

Guru SMKN 1 Glagah

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;}

Sabtu, 25 Agutus 2018

Memasuki semester ganjil tahun ajaran 2017 – 2018. SMKN 1 Glagah jurusan LAS TKJ mengadakan pembekalan PSG.  Yaitu membekali siswa yang mau berangkat PKL dalam rangka pemantapan dan menjelaskan tata cara dan tata tertib di Industri/di bengkel antara lain :

1. Jam masuk kerja praktik di bengkel/Industri.

2. Kewajiban Praktik di Bengkel/Industri.

3. Larangan bagi peserta Praktik Kerja Lapangan (PKL).

4. dan sangsi bila melangggar tata  tertib.

 

Tujuan PKL:

1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional, dan etos  kerja yang handal.

2. Memperkokoh lingk and mach antara sekolah dan dunia kerja.

3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkwalitas.

 4. Memberi pengakuan dan pengalaman kerja sebagai proses dari pendidikan.

Disamping itu pembekalan PKL juga memberi pengetahuan tentang sinkronisasi pemebelajaran di sekolah dan di industri, jadi pengetahuan yang tidak ada di sekolah akan didapatkan di industri.

SMKN 1 Glagah mengadakan workshop TEFA (Teaching Factory) pada hari sabtu, 25 Agustus 2019 di ruang pertemuan.

Teaching Factory adalah suatu konsep pembelajaran dalam suasana industri sesungguhnya, sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan sekolah. Teknologi pembelajaran yang inovatif dan praktek produktif merupakan konsep metode pendidikan yang berorientasi pada manajemen pengelolaan siswa dalam pembelajaran agar selaras dengan kebutuhan dunia industri.

 

Harapannya program ini mampu meningkatkan kemampuan kompetensi siswa-siswinya, sekolah memiliki banyak kegiatan yang berjalan, bisa menghasilkan produk sesuai kebutuhan masyarakat sehingga sekolah terasa ramai dengan berbagai macam perputaran aktivitas mulai dari pembelajaran (riset/penelitian), produktivitas, promosi/pemasaran, kerjasama yang bersifat simbiosis mutualisme dengan berbagai macam kalangan terkait program jurusan (spt : perusahaan, videografer, penulis, komikus) dan pelayanan (jasa dan jual-beli produsen konsumen) berkelanjutan.

Untuk riset/penelitian bisa bekerjasama dengan SMA dengan makalah yang berkualitas dan berprestasi.

 

Workshop ini dihadiri oleh banyak kalangan mulai dari pejabat tinggi terkait program TEFA, guru, dan siswa.

Terkait TEFA ini, SMKN 1 Glagah memiliki 13 jurusan antara lain :

1.      Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (Teknik Gambar Bangunan/Teknik Arsitektur)

2.      Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan (Teknik Konstruksi Batu dan Beton / Teknik Sipil)

3.      Teknik Audio Video (Teknik Elektronika)

4.      Teknik Elektronika Industri

5.      Teknik Komputer dan Jaringan

6.      Teknik Instalasi Tenaga Listrik (Teknik Otomasi Industri/Listrik)

7.      Teknik Pemesinan

8.      Teknik Pengelasan (Kelas Industri PT. INKA)

9.      Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

10.  Nautika Kapal Penangkap Ikan (Pelayaran)

11.  Teknika Kapal Penangkap Ikan (Pelayaran)

12.  Agribisnis Perikanan Air Tawar (Budidaya Perikanan)

13.  Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan.

 

Untuk memperlancar perputaran aktivitas TEFA yang berkelanjutan, pihak sekolah mengadakan kesepahaman bersama (MOU) bersifat simbiosis mutualisme di bidang perekrutan karyawan dengan berbagai macam perusahaan antara lain :  

1.      PT. Astra International UD Trucks Sales Operation.

2.      PT. Paragon Technology And Innovation.

3.      PT. Permodalan Nasional Madani.

 

Kemungkinan hubungan TEFA dan Revolusi Industri 4.0 terletak pada kemauan orang yang menghasilkan proyek dalam strategi teknologi canggih.TEFA merupakan bagian dari Revolusi Industri 4.0

Subcategories