INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

 

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK. UKK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang umumnya diselenggarakan sebelum pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian Teori Kejuruan yang merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Ujian Nasional.

Ujian Praktik Kejuruan dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi. Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat uji kompetensi oleh koordinator Ujian Nasional Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi. Perangkat ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta uji dapat berlatih menggunakan perangkat ujian tersebut sebelum pelaksanaan ujian.

“Sebenarnya kami sudah ikut LSP Jejaring dari Puger yang akan dilaksanakan tanggal 1 Maret 2018. Hanya saja dari jurusan kami berinisiatif melaksanakan UKK juga dalam rangka untuk pemenuhan nilai yang akan disetor ke waka kurikulum pelaksanaan UKK sendiri tanggal 27 – 28 kemudian LSPnya tanggal 1 maret 2018” Ujar Bapak Lexi selaku Kasi. Nautika Kapal Penangkap Ikan.

Kegiatan UKK ini mermiliki perangkat soal dari pusat bernama soal paket 1, diantaranya adalah

1.      Membuat miniatur alat tangkap.

2.      Membuat reg pelayaran, di selat bali, sekaligus memasukkan data reg. Pelayaran ke dalam GPS.

3.      Penanganan Hasil Tangkap.

Untuk kegiatan LSPnya ada 6 unit keahlian yang akan diujikan mulai dari dinas jaga, menangkap menggunakan berbagai alat tangkap.

Pada prinsipnya, UKK dan LSP adalah satu kegiatan, LSP idealnya 3 hari, namun kami sudah sepakat dengan asesor yang dari Puger, Jember. UKK dilaksanakan sampek 70% kegiatan siswa, sisanya yang 30% diujikan pada saat LSP.

Pada saat kegiatan LSP, teknis penilaiannya berbeda, biasanya mengerjakan soal teori setelah itu praktek beberapa alat tangkap, jaring insang, jaring lingkar yang dimulai jam 7 sampai jam 2.

Untuk jumlah keseluruhan ada 61 siswa.