INFO PPDB

PPDB SMKN 1 Glagah 2017 Telah Selesai. Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasamanya.

.

E-Library

Cari dan Temukan Informasi dan Ilmu Baru Di Perpustakaan Online SMKN 1 GLAGAH.

Virtual Class

Fasilitas Pembelajaran Online Siswa - Siswi SMKN 1 Glagah, Dengan Mengembangkan LMS Moodle

BKK Semegah

BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah salah satu program sekolah yang digunakan untuk menjembatani para alumnus Dengan Dunia Industri.

 

Banyuwangi, 2 Februari 2018 – Upaya perbaikan kualitas pendidikan khususnya sekolah menengah kejuruan menjadi fokus pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Nawa Cita sebagai janji kampanye presiden direalisasikan dalam program pembangunan, RKP dan terakhir dengan lahirnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK.

 

Revitalisasi SMK yang dijabarkan dalam bentuk pendekatan 6 aspek peningkatan kualitas SMK telah dimulai dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Sertifikasi melalui LSP–P1 merupakan salah satu upaya penyelarasan guna mewujudkan link&match antara Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) dengan sekolah menengah kejuruan. Pengejawantahan formulasi demand dari DU/DI dalam bentuk SKKNI dan KKNI yang menjadi dasar dalam penyusunan skema menjadikan pengembangan sistem sertifikasi melalui LSP–P1 SMK. Melalui pengembangan sertifikasi di SMK jalur LSP–P1 ini diharapkan agar pengakuan terhadap lulusan SMK semakin meningkat sehingga leverage peningkatan kebekerjaan lulusan SMK semakin kuat. Melalui sertifikasi, diharapkan tercipta keterukuran pencapaian kompetensi calon tenaga kerja yang dididik di SMK, sekaligus sebagai media evaluasi bagi sekolah dalam konteks peningkatan kualitas yang berkelanjutan.

 

 

 

“Keuntungan bersertifikat LSP–P1 ini, ke depannya peserta didik bisa tersertifikasi nasional BNSP, mendapatkan logo garuda emas. Mendapatkan sertifikat yang diakui BNSP. Kalau UKK yang mengakui hanya DU/DI, kalau ini yang mengakui negara. Jadi, diakui oleh seluruh DU/DI” tutur Ibu Putri Winarsih sebagai asesor dari SMK PK PUGER

 

 

 

 

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Sebagai organisasi tingkat nasional yang berkedudukan di wilayah Republik Indonesia, LSP dapat membuka cabang yang berkedudukan di kota lain. Fungsi dan Tugas LSP Sebagai sertifikator yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi.

 

Tugas sebagai berikut :

 

Membuat materi uji kompetensi.

 

Menyediakan tenaga penguji (asesor).

 

Melakukan asesmen.

 

Menyusun kualifikasi dengan mengacu kepada KKNI.

 

Menjaga kinerja asesor dan TUK. Membuat materi uji kompetensi.

 

Pengembangan skema sertifikasi

 

 

 

 

 

 

 

LSP–P1 ini merupakan bentuk komitmen Kemdikbud untuk peningkatan kualitas SMK dan akan terus menjaga komitmen tersebut guna mencapai visi seluruh SMK Rujukan menyediakan layanan LSP–P1 di tahun 2020. Tujuan dari LSP–P1 adalah melakukan pengujian kompetensi atau sertifikasi kepada peserta didik di sekolah tersebut. Peserta didik diuji berdasar kompetensi skema yang telah dilisensi oleh BNSP kepada LSP–P1

 

“Baru tahun ini kita bangga dan bersyukur SMKN 1 Glagah bisa melaksanakan LSP–P1 meskipun dengan lisensinya dari Puger termasuk asesor–asesornya. Selama ini asesor kita tidak bisa menguji karena kita tidak punya rumah istilahnya rumah itu untuk LSPnya, kita punya LSP Glagah tapi tidak punya skemanya. Kita ikut yang Puger” terang Bapak Ignatius Nur Pramuji, S. Tp, M. Pd selaku Asesor LSP–P1 SMK PK PUGER sekaligus Direktur LSP–P1 SMKN 1 Glagah.

 

 

 

Untuk mewujudkan peserta didik yang siap bersaing dipasar global dan bisa sejajar dengan tenaga kerja dari negara lain maka peserta didik SMKN 1 Glagah tidak hanya qualified tetapi juga harus tersertifikasi. Agar bisa tersertifikasi maka peserta didik harus memiliki sertifikasi kompetensi oleh BNSP yang pelaksanaannya bisa dilimpahkan kepada LSP yang telah terlisensi.

 

“Sebenarnya ini LSP P1 Puger, tetapi karena banyaknya SMK yang belum memiliki LSP makanya dibuatkan SK oleh direktorat akhirnya kami yang mendampingi teman – teman untuk menetapkan apakah sekolah ini layak atau tidak untuk verifikasi TUK (Tempat Uji Kompetensi). LSP P1 Jejaring Puger, SK dari direktorat bidangnya perikanan untuk puger jadi menjaring teman–teman yang belum punya LSP. Kita bentuk LSP jejaring yang masuk dalam bidang kita dari Pacitan sampai Banyuwangi kalau jurusannya Nautika, Teknika, Budidaya sama Pengolahan. Untuk teknis bagaimana pengujiannya bisa saling silang. Kami menjaring teman-teman dari SMK Pacitan, SMK Subuh Situbondo, SMK Grati Pasuruan, SMK Puger, SMK Kalibaru, SMK Glagah, SMK Muncar” Tambah Ibu Putri Winarsih

 

 

 

 

“Kalau menjalankan LSP berarti segala peraturan atau prosedur, semuanya mengikuti peraturan BNSP PBNB (Peraturan Badan Nasional Sertifikasi Profesi) kita mengikuti aturan dari sana. Sedangkan sifatnya BNSP itu kan sifat nasional jadi lembaga di bawah presiden langsung, mensertifikasi profesi atau kompetensi siswa SMK keuntungannya kita bisa mensertifikasi anak–anak menggunakan lembaga nasional. Untuk skema yang digunakan masing–masing jurusan ada empat skema untuk yang Nautika namanya Perwira Kapal Penangkap Ikan, Teknika namanya Pengoperasian Mesin Penangkap Ikan , Budi Daya namanya Pelaksana Budi Daya Perikanan, TPHP namanya Operator Pengolahan Hasil Perikanan.” Tambah Bapak Ignatius Nur Pramuji, S. Tp, M. Pd

 

LSP-P1 NKPI, Perwira Kapal Penangkap Ikan

 

LSP-P1 TKPI, Pengoperasian Mesin Penangkap Ikan

 

LSP-P1 TPHP, Operator Pengolahan Hasil Perikanan

 

LSP-P1 Budi Daya Ikan, Pelaksana Budi Daya Perikanan

 

 

Agar peserta didik SMKN 1 Glagah dapat terampil dan kompetitif dipasar global maka perlu distandartkan kompetensi kerja peserta didik melalui uji kompetensi yang dilaksanakan LSP yang sudah terlisensi BNSP. Dengan sertifikat lisensi dan surat keputusan tersebut diatas LSP SMKN 1 Glagah mempunyai wewenang untuk menyelenggarakan uji kompetensi untuk pelaksanaan sertifikasi kompetensi kerja PSKK sesuai dengan pedoman BNSP yang berlaku dan berhak menerbitkan sertifikat kompetensi kerja berlogo garuda emas dari BNSP. Dimana dengan memiliki sertifikat tersebut asesi (peserta uji) telah diakui secara nasional maupun internasional sesuai dengan kompetensi yang tertulis pada sertifikat.

 

Selamat kepada SMKN 1 Glagah yang telah terlisensi LSP–P1 nya, selamat berkarya menuju SMK yang lebih unggul !!!